Apa saja penyebab timbulnya Tsunami ?


Apa saja penyebab timbulnya Tsunami ? Tsunami berasal dari bahasa jepang yang artinya gelombang besar. Akhir-akhir ini Tsunami di Jepang sedang marak-maraknya diberitakan. Dengan mengetahui Penyebab Tsunami kita bisa mengantisipasi bencana alam ini dengan mengenal Penyebab dan ciri-ciri dari Tsunami tersebut. Apa sajakah itu ? Penasaran ?



Indonesia adalah negara kepulauan dan merupakan negara dengan pulau terbanyak didunia oleh karenanya negara kita sering didatangi bencana Tsunami karena Indonesia di kelilingi oleh perairan laut, sehingga Indonesia menjadi lokasi strategis terjadinya gelombang Tsunami. Ada baiknya kita mengetahui penyebab timbulnya bencana Tsunami. Berikut Penyebab Tsunami



Gunung berapi yang aktif



Aktifitas gunung berapi yang membuat lempengan di sekitarnya menjadi bergoyang dan guguran lava dengan volume yang tinggi akan menyebabkan terganggunya kondisi air. Dan pada saat yang bersamaan air laut yang terdesak dapat mendorong dan memunculkan terjadinya gelombang Tsunami. Oleh karena itu berhati-hatilah bagi penduduk yang berdekatan dengan Gunung berapi yang aktif dekat laut. Contoh yang Tsunami yang terjadi oleh Gunung berapi adalah Gunung Krakatau yang meletus tahun 1883 yang menjadi penyebab timbulnya Tsunami dahsyat sehingga letusan gunung berapi ini termasuk yang paling berpengaruh didunia. Dan menewaskan 36 ribu korban jiwa serta abu vulkanik dari gunung ini menyelimuti hampir sluruh atmosfer bumi selama kurang lebih 2 tahun.



Benda-benda langit



Benda langit pun bisa menjadi Penyebab Timbulnya Tsunami. Dikarenakan meteor yang jatuh ke perairan laut dengan skala kecepatan dan volume yang tinggi. Sebuah meteor dapat menjadi Penyebab bencana Tsunami. Dan akhir-akhir ini banyak yang menggambarkan pada tahun 2012 akan terjadi hal seperti ini (hoax). Sekecil apapun meteor apabila kecepatannya yang sangat tinggi akan menghasilkan Tsunami yang cukup besar pula bila dibarengi dengan benturan yang kuat.



Gempa bumi



Nah... yang ini biasa terjadi didaerah Ring OF Fire biasanya di daerah kawasan ASIA. Gempa dengan skala yang tinggi seperti yang terjadi di Jepang dengan skala kemungkinan hampir 9.0 dengan dibarengi Tsunami. Karena besarnya dorongan dan gerakan naik turun sebuah gempa bisa mengakibatkan Penyebab Bencana Tsunami.



Itulah jawaban dari Apa saja penyebab timbulnya Tsunami ?. Semoga bangsa kita terhindar dari bencana super duper dahsyat ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi Warna Air Laut ?

OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA PECAHAN

HITUNG PERKALIAN DENGAN TANGAN